12 Prasasti ditemukan di Candi Jedong

0
75
Candi Jedong II dan Candi Jedong I dari sisi utara

Archipelago – Candi Jedong terletak di Wotanmas, DesaJedong, kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, berada di lereng utara Gunung Gajah Mungkur, salah satu Gunung yang ada di Gunung Penanggungan, merupakan Gapura Paduraksa.

Peta Sebaran dan Deliniasi Cagar Budaya Dikawasan Gunung Penanggungan

Menurut para peneliti di tahun 1907 di Desa Jedong ada tiga buah Gapura, yaitu 2 gapura yang terbuat dari batu andesit ( Candi Jedong I dan Candi Jedong II ) dan 1 Gapura terbuat dari batu bata, yang berada 300 m sebelah utara Candi Jedong I, namun tinggal reruntuhan.
Candi Jedong I dan II berjarak 80 m. Berporos arah barat timur. Candi Jedong I, berdimensi panjang 12,51 meter, lebar 5,19 meter dan tinggi 9,75 meter. Pada bagian kaki dan tubuh tidak ada hiasan, sedangkan di bagian atap sebelah bawah terdapat hiasan kala yang menempel pada masing- masing sisinya. Ada juga hiasan berbentuk Gapura kecil yang menempel berderet pada tingkatan atas atap candi. Tiap sudutnya dihiasi motif gunung (antetik).
Di ambang pintu Candi Jedong I terdapat angka tahun dalam bentuk Candra Sengkala yang berbunyi : Brahmana-Nora-Kaya-Bhumi yang berarti angka tahun 1307 Saka atau 1385 M. Angka tahun ini diperkirakan sebagai tahun peresmian Gapura sebagai pintu masuk ke desa perdikan ( Sima ), yaitu daerah yang dibebaskan dari kewajiban pajak.

Candi Jedong I

Candi Jedong II ukurannya lebih kecil dari Jedong I, dengan dimensi panjang 6,86 m, lebar 3,40 m dan tinggi 7,19 m. Tidak ada pahatan angka tahun, tetapi di dekat pintu II ditemukan batu bekas bangunan dengan pahatan angka tahun 1378 Saka ( 1456 Masehi ). Seni hias dan gaya bangunan kedua candi ini sama. Sehingga diperkirakan keduanya berasal dari Jaman yang sama. Masyarakat setempat menyebut Candi Jedong I dengan Candi Lanang dan Candi Jedong II sebagai Candi Wadon.
Pemugaran Candi Jedong I dan II dimulai tahun anggaran 1993/1994 hingga 2004, selama 11 tahap oleh Proyek Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jawa Timur. Sewaktu dilaksanakan penggalian( ekskavasi), di sebelah kanan- kiri bangunan Gapura terdapat struktur bata yang merupakan pagar penghubung. Di samping itu juga ditemukan beberapa artefak, lingga, arca Dwarapala, Jaladwara bahan batu andesit dan sebuah genta perunggu.

Candi Jedong II

Dari berbagai literatur diketahui di situs Jedong telah ditemukan 12/buah Prasasti, yang oleh para sarjana Epigrafi diberi kode/ nama : Prasasti Jedong I – XII.
Prasasti ini merupakan sumber primer bagi sejarah karena berbagai informasi yang terkandung di dalamnya akurasi data nya dianggap paling akurat. Berdasarkan Prasasti-Prasasti tersebut dapat ditafsirkan bahwa wilayah perdikan Jedong, eksistensi keberadaannya telah ada sejak masa Mataram kuno hingga masa Majapahit akhir. (MOKO)

Gunung Gajah Mungkur yang tampak dari area taman Candi Jedong .

 

LEAVE A REPLY