5 Pantai Indah Banyuwangi, Bagi Pecinta Surfing dan Snorkling

0
388

ARCHIPELAGO – Indonesia terkenal akan eksotisme pantainya. Tak jarang, banyak wisatawan luar negeri beramai-ramai ke Indonesia untuk berwisata pantai. Ribuan pulau dan garis pantai terbentang di Indonesia, menjadikan banyak pula destinasi wisata pantai tersembunyi.

Pantai-pantai ini menyuguhkan wisata alam yang tak kalah indah dari pantai populer di luar negeri. Bahkan satu diantaranya lokasi surfing dunia terbaik ada di Indonesia lho.

Ada 5 pantai tersembunyi di Banyuwangi yang wajib didatangi pada saat liburan

1. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi Jawa Timur.Pantai ini terkenal dengan nama Red Beach. Sesuai namanya, pantai pulau merah ini terlihat berwarna kemerahan.

Warna ini terbentuk karena campuran pasir berwarna putih dan tanah merah. Meskipun memiliki tanah berwarna merah, pantai ini memiliki vegetasi hijau di sekitarnya yang menambah keindahan pulau. Di sini, Anda bisa menikmati momen matahari terbenam yang indah.

Selain itu, ombak setinggi 2 meter di pantai pulau merah cocok untuk kalian pecinta surfing. Akses ke pantai ini cukup mudah, terletak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, dan perjalanan memakan waktu sekitar dua setengah jam.

2. Teluk Hijau atau Green Bay

Teluk Hijau merupakan salah satu pantai menawan yang tersembunyi di Banyuwangi. Terletak di dalam Taman Nasional Meru Betiri. Di sekelilingnya terdapat hutan hijau, menyuguhkan nuansa teluk hijau asri. Hal ini membuat teluk ini dinamakan Teluk Hijau atau Green Bay.

Keunikan lain teluk ini adalah Anda bisa menemui air terjun bidadari yang ada di kawasan pantai. Air terjun kecil berair tawar banyak dijadikan tempat membilas setelah bermain air laut. Untuk sampai di tepi pantai Green Bay, ada dua pilihan rute, melalui darat atau laut.

Jika melalui darat, Anda dapat menggunakan transportasi offroad. Tenang…banyak jasa pemandu dan supir trampil di sana.

Rute kedua melalui laut, sebelumnya Anda perlu berkendara menuju Pantai Rajagwesi. Kemudian di lanjutkan dengan menaiki perahu tradisional milik nelayan menuju teluk hijau.

3. Pantai Senggrong

Pantai ini terletak di Taman Nasional Alas Purwo, Muncar, Banyuwangi di balik semenanjung Sembulungan. Terkenal dengan nama Pantai Banyu Biru. Berbeda dari Teluk Hijau, pantai Senggrong memiliki pesona bawah laut yang indah.

Tempat ini menjadi alternatif snorkeling di Banyuwangi selain Pantai Bama di Pulau Tabuhan yang sudah terlebih dahulu terkenal. Karena terletak di Taman Nasional, sebelum menyambangi pantai ini, Anda harus mendapatkan izin dari kantor Taman Nasional di Banyuwangi terlebih dahulu. Lokasi taman berjarak sekitar 80 km Tenggara Banyuwangi.

4. Pantai Plengkung

Sama seperti pantai Senggrong, pantai Plengkung terletak di Taman Nasional Alas Purwo. Selain disebut pantai plengkung, pantai ini juga dikenal bernama G-Land.

Disebut G-Land diambil dari filosofi gulungan ombak indah berbentuk mirip huruf G. Selain itu, karena tempat ini berada di Teluk Grajagan, dan bentuknya melengkung.

Ini adalah surga bagi pecinta kegiatan surfing. Pantai ini dikatakan memiliki ombak terbaik se-Asia Tenggara untuk kegiatan surfing, dan merupakan salah satu dari 7 pantai dengan ombak terbaik di dunia. Lokasi tempat ini cukup terpencil, sehingga akses untuk menuju pantai ini masih terbilang sulit.

5. Pantai Wedi Ireng

Sesuai namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna hitam vulkanik, bercampur pasir hangat putih mutiara. Tempat ini cocok dijadikan lokasi menyaksikan matahari terbenam.

Selain itu Anda bisa berenang dan snorkeling karena pantai ini juga memiliki pemandangan bawah laut indah. Pantai ini terletak di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, tak jauh dari Pantai Merah. Berjarak sekitar 3 km dari Pulau Merah atau sekitar 65 km selatan dari kota Banyuwangi.(NUH/TRIBUNNEWS)

LEAVE A REPLY