5 Tips Pergi ke Daerah Wisata Rawan Bencana

0
141

ARCHIPELAGO – Pesona wisata yang ada di Indonesia tentunya tidak perlu diragukan lagi. Setiap tahunnya wisatawan lokal maupun mancanegara pasti datang mengunjungi beberapa daerah-daerah wisata yang ada di Indonesia.

Namun, letak geografis di Indonesia yang dikelilingi beberapa lempeng-lempeng tektonik membuat beberapa tempat wisata yang ada di Indonesia berada di daerah rawan bencana (zona merah).

Berwisata ke daerah-daerah yang rawan bencana tentunya memerlukan persiapan-persiapan yang sangat matang. Sehingga ketika kita dihadapkan pada kondisi-kondisi tertentu, kamu dapat segera mengantisipasi segala kemungkinan yang ada.

Berikut beberapa tips dari Fitri Utami, Co-Founder Caventer yang dapat membantu ketika berwisata terutama ke daerah-daerah yang rawan bencana. Apa saja? Yuk simak tipsnya.

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum melakukan perjalanan

Sebelum memutuskan untuk berwisata ke suatu tempat, hendaknya kamu mempelajari daerah-daerah tersebut dengan baik. Kamu sebaiknya mencari info yang ada di internet. Seperti misalnya pantangan-pantangan di daerah tersebut dan juga budaya atau peraturan yang berlaku di daerah tersebut. Jika kamu sudah mengetahui beberapa informasi tentang destinasi wisata yang akan dikunjungi, tentunya akan membuat liburanmu semakin nyaman dan aman.

2. Berjaga-jaga jika terjadi sesuatu

Ketika sedang berwisata tentunya kita tidak mengharapkan suatu hal buruk menimpa kita. Tapi kamu harus tetap waspada dan memikirkan segala sesuatunya jika sesuatu hal darurat terjadi, sehingga ketika terjadi sesuatu di tempat yang kamu kunjungi, kamu dapat mengetahui harus kemana. Contohnya seperti, mengecek lokasi rumah sakit terdekat atau instansi-instansi terkait yang dapat membantu kamu jika tiba-tiba suatu bencana terjadi.

3.Banyak bertanya ke penduduk lokal atau tour guide

Sebaiknya kamu dapat banyak bertanya pada penduduk setempat atau guide lokal, jika informasi yang kamu dapat dirasa belum cukup. Hal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai tempat tersebut. Dengan bertanya kepada orang yang lebih paham dengan daerah tersebut, kamu akan lebih memahami bagaimana kondisi di daerah tersebut.

4.Pelajarilah panduan “sadar bencana”

Sebelum berwisata sebaiknya kamu membaca panduan-panduan “sadar bencana” yang ada di internet. Panduan “sadar bencana” sendiri adalah sebuah panduan bagaimana agar kamu dapat menghadapi situasi-situasi ketika sedang terjadinya bencana.

Ketika bencana tiba-tiba terjadi, apalagi kamu sedang berada di tempat wisata, kamu harus mengetahui apa yang harus lakukan. “Minimal, bersikap mengendalikan panik ketika terjadi sesuatu,” ujar Fitri Utami saat dihubungi kumparanTRAVEL belum lama ini.

5. Utamakan menyelamatkan diri terlebih dahulu

Ketika bencana terjadi, menyelamatkan diri sendiri menjadi hal yang paling utama. Setelah memastikan bahwa dirimu sudah tidak di dalam bahaya, barulah kamu dapat menyelamatkan hal lainnya. Memang ketika terjadinya bencana terkadang kondisi yang dialami berbeda-beda. Tapi setidaknya lebih baik kamu menyelamatkan dirimu terlebih dahulu.(NUH/KUMPARAN)

LEAVE A REPLY