Air Terjun Jagir, Tempat Mandi Para ‘Malaikat’

0
817

ARCHIPELAGO – Banyuwangi terkenal dengan keindahan alamnya dan salah satunya adalah Air Terjun Jagir. Terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Di tempat ini, para pengunjung bisa melihat panorama yang luar biasa namun memikat dari air terjun itu sendiri dan sekitarnya.

Air Terjun Jagir memiliki fakta unik sedangkan memiliki tiga air terjun di satu lokasi yang membuat orang sering menyebutnya Three in One Waterfall, Air Terjun Triplet, Air Terjun Saudara, hingga Air Terjun Angel karena airnya sangat jernih seperti tempat mandi malaikat.

Air yang mengalir di air terjun ini berasal dari sumber yang berada di atas air terjun. Ini adalah Pawon Spring. Pawon adalah orang Jawa untuk dapur tempat makanan dan minuman berasal.

Aliran air di air terjun ini menyebar sehingga membuat satu air terjun bisa memiliki tiga aliran air.

Para pengunjung bisa menikmati pemandangan indah di Jagir Waterfall sambil menikmati kesegaran air secara langsung atau mengambil selfies di daerah ini yang memiliki latar belakang yang indah.

Fasilitas di Jagir Waterfall cukup lengkap, seperti ruang ganti dan toilet. Ada berbagai makanan dan makanan ringan yang bisa dibawa pulang sebagai souvenir.

Hari Susanto, salah satu pengunjung dari Yogyakarta, mengatakan bahwa ia sudah mengetahui tujuan perjalanan ini dari media sosial. Dia juga datang dalam perjalanan bisnisnya dan memutuskan untuk mampir di Jagir Waterfall.

Dia mengatakan bahwa air terjun ini begitu indah dan memungkinkan untuk dikembangkan lebih jauh.¬†“Air terjun itu indah, tapi ada beberapa fasilitas yang harus ditambahkan, seperti taman bermain dan pusat cinderamata dan cinderamata.”

Pohon Jagir

Samian, salah satu pejabat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi mengatakan bagaimana air terjun ini dinamai dengan Jagir. Itu karena ada banyak pohon Jagir yang tumbuh di sekitar air terjun. Mereka suci oleh masyarakat setempat. Apalagi, diyakini hanya tumbuh di Kampung Anyar.

“Banyak orang percaya bahwa pohon-pohon ini hanya tumbuh di daerah ini, dan ada begitu banyak di sini, jadi mereka diberi nama Jagir Trees,” kata Samian.¬†Pada tahun 2015, kondisi air terjun ini masih belum sebagus sekarang. Jalan menuju turun masih merupakan tangga alami dari tanah.

Kini, ada tangga untuk turun ke air terjun yang membuat para pengunjung lebih mudah mencapai air terjun.

“Sudah sekitar 2 tahun air terjun ini dibangun dari fasilitas akses. Sekarang, ada banyak turis lokal dan mancanegara datang kesini, “katanya.

Ada dua air terjun di tempat ini. Salah satunya adalah Air Terjun Jagir yang berada di tengahnya. Sementara itu, air terjun lain digunakan oleh warga setempat untuk mandi dan sumber air tawar untuk diminum.

Pengakuannya adalah Rp 5.000 per orang. Tempat buka setiap hari dari pukul 07.30 sampai 16.30. Air terjun ini terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Bisa ditempuh dengan satu jam berkendara dari pusat kota Banyuwangi.(*)

LEAVE A REPLY