Asyiknya Saksikan Sunrise di Puncak Argosari

0
876

ARCHIPELAGO – Puncak B29 juga dikenal dengan nama puncak Argosari. Puncak ini merupakan puncak yang paling tinggi di kawasan gunung Bromo. Pemandangan yang indah ditambah udara yang dingin serta hamparan vegetasi khas gunung dan savanna menjadi pemandangan yang menarik di lokasi wisata yang satu ini. Rute menuju lokasi wisata ini akan menantang Anda. Dengan jalur yang berkelok dan berliku sepanjang perjalanan akan memicu adrenalin.

Keindahan puncak B29 Lumajang ini dari view yang bisa dilihat saat berada di puncak. Anda akan melihat dua pemandangan yang sangat menakjubkan di lokasi ini. Di lokasi kawasan puncak B29 ini dibagi menjadi dua kawasan yaitu kawasan perkebunan Argosari yang membentuk barisan pegunungan Mahameru serta puncak dan kalderanya yang sangat terkenal yaitu pasir Bromo.

Puncak B29 dan 30 dari Kejauhan

Tak hanya itu, sunrise dan sunset juga menjadi suguhan pemandangan alam yang sangat indah untuk disaksikan di lokasi ini. Sekali sapu pandangan, Anda akan melihat keindahan Tosari Pasuruan, Sukapura Probolinggo dari puncak bukit.

Kegiatan wisata di puncak B29 Lumajang tidak hanya menikmati keindahan alam dari puncak tersebut. Anda juga bisa melakukan kegiatan wisata lain seperti kamping atau melakukan pendakian hingga ke ranupane hingga ke puncak Semeru. Tak hanya itu, di dekat lokasi wisata puncak ini juga ada wisata alam seperti air terjun dan kamping di lokasi wisata. Buktikan sendiri bagaimana keindahan puncak dan pemandangan alam disana yang akan memikat Anda.

Puncak B29 juga cocok dijadikan tempat Kamping. Anda bisa mendirikan tenda dan menikmati sensasi dingin dalam pelukan kabut di bukit ini. Ada beberapa warung milik warga setempat di sekitar puncak, namun untuk toilet masih belum ada karena masih dalam tahap pembangunan.

Pemandangan di Puncak B29 ini sungguh sangat cantik. Dari atas kita bisa melihat awan yang menari-nari yang tepat berada di bawah pandangan mata. Gugusan perbukitan yang berjejer rapi seperti gunung Semeru, gunung Bromo, gunung Batok, pasir berbisik, Padang Savana dan Cemoro Lawang seolah-olah menegaskan bahwa kita memang sedang berada di Negeri Di Atas Awan.

Pemandangan Daerah Pedesaan yang Dilewati

Harga Tiket Puncak B29 Argosari Lumajang

Sebelum mencapai puncak B29, wisatawan terlebih dahulu akan melewati pos perijinan dan diharuskan membayar retribusi sebesar 3000 rupiah. Jarak dari pos retribusi ke puncak kurang lebih 2 km.

Akses Menuju Puncak B29 Lumajang

Untuk mengunjungi objek wisata B29 diharuskan membawa kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang menuju ke lokasi. Disarankan menggunakan kendaraan roda dua dan bukan jenis automatic karena nantinya jalur yang akan ditempuh sangat menanjak. Ada 2 kota yang bisa dijadikan akses menuju ke Puncak B29.

1. Dari Kota Lumajang

Jika Anda berangkat dari Lumajang untuk menuju lokasi puncak B29 kurang lebih jarak yang harus di tempuh sekitar 60 km. Silahkan arahkan kendaraan Anda menuju Kecamatan Senduro kemudian arahkan ke daerah Desa Argosari.

Sepanjang rute perjalanan menuju puncak B29, Anda akan disuguhi pemandangan khas pedesaan. Perkebunan sayur milik warga seperti kentang, wortel dan kol, cabe dan lain lain. Selain itu, Anda akan menemui kontur tanah yang berjalan miring mengikuti bentuk perbukitan. Pemandangan seperti ini menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk menuju puncak B29 Lumajang.

2. Dari Kota Malang

Rute menuju puncak b29 lumajang jika anda berangkat dari malang kota bisa menggunakan rute berikut ini. Silahkan pergi ke Kecamatan Tumpang kemudian Gubug Klakah Poncokusumo kemudian ke Desa Ngadas. Ketika telah menemukan pertigaan Jemplang, ambil yang lurus. Kemudian ada pertigaan sebelum Desa Ranupani kearah kiri masuk ke Desa Argosari.

Semua jalan yang akan Anda tempuh menanjak dan terjal serta sisinya adalah jurang. Anda bisa saja menggunakan motor untuk mencapai puncak B29, namun sangat menguji adrenalin Anda. Namun Anda juga bisa berjalan kaki menuju puncaknya, jika tidak mau
berjalan kaki juga bisa naik ojek dengan tarif sekitar Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000

Sepanjang rute menuju Puncak B29 Lumajang tersebut kita akan disuguhi pemandangan dengan nuansa khas pedesaan karena kita akan melewati perkebunan sayur milik warga sekitar seperti kol, kentang, wortel, bawang prei, lombok, dll. Perkebunan sayuran tersebut berjajar miring mengikuti kontur tanah di perbukitan tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Puncak B29 Argosari Lumajang.(BUD)

LEAVE A REPLY