Coban Kembar & Coban Danyang, Air Terjun Pasuruan yang Masih ‘Perawan’

0
705

ARCHIPELAGO – 2 air terjun yaitu coban Kembar dan coban Danyang, di dusun Kudu, Desa Tempuran, Kecamatan Paserepan, Kabupaten Pasuruan, memiliki daya tarik wisata tersendiri, dengan bentuk batuan tebing yang indah serta air yang masih segar serta udara yang sejuk.

Udara yang sejuk terasa saat menuju desa tempuran. Secara geografis desa ini terletak di lereng Gunung Bromo, air terjun tersebut masih alami dan perlu dikelola pemerintah daerah dan menjadikannya sebagai aset wisata.

Aliran air terjun tersebut bersumber dari Tutur yang memiliki air yang bersih. Air terjun danyang dan air kembar ini sangat bagus dibuat selfie karena memiliki sedimen batu hitam yang bagus serta air yang jernih.

Air terjun tersebut masih belum tersentuh dan belum ada pengelolaan secara serius, hanya ada beberapa pengunjung yang melihat lokasi tersebut. Lokasi air terjun ini sangat mudah dan tidak jauh dari jalan raya.

Arisin, Kepala Desa Tempuran juga berkeinginan potensi tersebut dapat dikelola sehingga akan dapat mempengaruhi potensi di Desanya, “Selain air terjun tersebut desa kami juga mempunyai potensi lain semisal durian, Rambutan, duku dan lain-lain, “ jelasnya.

Kepala dinas pariwisata Agung Mariyono, saat dikonfirmasi mengatakan memang wilayah Desa Tempuran perlu dikelola, kita akan mengusulkan agar potensi di desa Tempuran dapat ditindak-lanjuti, karena ini merupakan potensi wisata yang sangat baik, terangnya. (RIF)

LEAVE A REPLY