Ini 4 Event Wisata Nasional yang Bisa Dikunjungi saat Liburan

0
6

ARCHIPELAGO – Untuk mengisi liburan sekolah bulan Juli tahun ini, Anda bisa berkunjung ke beberapa daerah untuk menyaksikan festival. Beberapa festival di bulan Juli masuk ke top 100 event di kalender event nasional, pariwisata Indonesia.

Berikut empat top event nasional yang ada di bulan Juli 2018 dan bisa jadi pilihan mengisi masa libur sekolah.

1. Cheng Ho Festival

Warga mengarak patung Cheng Ho

Di bulan Juli ini Semarang akan melangsungkan acara besar, yaitu Cheng Ho Festival. Festival ini merupakan perayaan peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho (Sam Poo Tay Djien) di Kota Semarang ratusan tahun silam. Patung Sam Poo Tay Djien dikirab dengan berjalan kaki dari Klenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok menuju Klenteng Sam Poo Kong di Jl. Simongan, Semarang. Festival ini diselenggarakan pada 29 Juli 2018, di jalan-jalan Kota Semarang, dengan pusat Klenteng Sam Poo Kong.

2. Erau Adat Kutai and International Folk Art Festival

Para wanita cantik suku Dayak ikut ambil bagian dalam festival

Festival ini dilaksanakan di Tenggarong, Kalimantan Barat, pada 21-29 Juli 2018. Erau merupakan upacara adat warisan tradisi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Erau berasal dari kata “ Eroh ” yang berarti ramai, riuh dan penuh sukacita. Semula upacara adat ini dilakukan untuk prosesi Tijak Tanah Aji Batara Agung Dewa Sakti (Raja Pertama Kerajaan Kutai), kemudian Upacara Adat Erau dilakukan pada saat Penobatan Raja/Sultan dan Putra Mahkota, Ulang Tahun Sultan serta acara-acara lainnya yang dilaksanakan atas titah Sultan. Wisatawan bisa melihat berbagai acara seperti upacara adat pedalaman, orkestra musik tradisional, pertunjukan tarian massal, kirab budaya internasional, festival rakyat internasional, kunjungan budaya, green tenggarong, lomba foto, dekorasi lapangan, penampilan sanggar seni daerah, dan festival kuliner.

3. Festival Lima Gunung

Salah satu kesenian yang ditampilkan di festival lima gunung

Selain Festival Cheng Hoo di Semarang, Jawa Tengah punya acara besar juga di Juli 2018 ini. Ada Festival Lima Gunung yang bakal digelar di Magelang, pada 20-22 Juli 2018. Festival Lima Gunung merupakan agenda tahunan yang digelar secara mandiri oleh para seniman petani Komunitas Lima Gunung di Kabupaten Magelang, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong, dan Menoreh Wisatawan bisa melihat berbagai atraksi seni, kirab budaya, pameran seni rupa, pidato budaya dipertunjukkan di perhelatan ini.

4. Biak Munara Wampasi

Para peserta antusias mengikuti jalannya festival di Biak

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Indonesia Timur, bisa berkunjung ke Biak, Papua Barat. Di sana ada festival kebudayaan Biak Munara Wampsi. Biak Munara Wampasi merupakan serangkaian acara yang digelar di Kabupaten Biak Numfor dan terdiri dari beberapa rangkaian, antara lain snap mor (menangkap ikan di air laut surut/meti), apen beyeren (berjalan kaki di atas batu panas), lari Biak 10 km, perjalanan kapal pesiar ke objek wisata, pameran anggrek dan budaya, hiburan band, kesenian dan tari khas Biak, lomba internasional foto bawah laut, seminar dan pelatihan fotografi.(SNT/KOMPAS)

LEAVE A REPLY