Investor Amerika Tertarik Investasi, Bupati Amin Presentasi Potensi Bondowoso

0
106

ARCHIPELAGO – Aneka potensi yang dimiliki Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dilirik investor dari Stern Resources (SR) Group, yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat (AS). Bupati Bondowoso, H Amin Said Husni, mempresentasikan potensi yang dimiliki Bondowoso dihadapan para investor yang berkunjung ke Bondowoso.

Bupati Amin menyampaikan, tentang produk unggulan kopi Bondowoso, Beras Organik, Batik serta potensi wisata, khususnya Kawah Ijen dan Kawah Wurung.

Penandatanganan MOU

Khusus untuk produk unggulan kopi dan beras organik, Bupati Amin juga menceritakan pola pembinaan dan progresnya, yang saat ini sudah mampu menembus pasar Ekspor ke banyak negara di dunia.

Sementara khusus untuk sektor pariwisata jelas Bupati Amin, posisi wisata Ijen dikelola oleh pemerintah pusat. Tetapi potensi investasi terbuka untuk Wilayah Bondowoso. “Karena untuk disisi wilayah barat, merupakan Wilayah Kabupaten Bondowoso,” tegasnya.

Untuk sisi wilayah timur, berada pada kekuasaan Kabupaten Banyuwangi. “Karena Kawah Ijen berada di Perbatasan, antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso,” terangnya.

Cinderamata kerjasama Bupati Bondowoso dan pihak dari Amerika Serikat

Untuk memperlancar proses investasi, pihak Pemkab Bondowoso juga menggandeng pihak Perhutani Bondowoso sebagai pemilik lahan. Adapun lahan yang sudah disiapkan sedikitnya kurang lebih tiga hektare. “Tetapi lahan itu akan terus berkembang sesuai kebutuhan pihak investor,” jelas Bupati Amin.

Dalam presentasi tersebut, Bupati Amin didampingi Plt Sekda, H Karna Suswandi, Kepala Bappeda, Matsakur, Kepala Diskominfo, Haeriyah, Kepala Diskoperindag, Bambang Soekwanto, Kepala Dinas Pertanian, Munandar, Kepala DLH dan Perhubungan, Sudirman, serta para staf ahli dan juga hadir dari pihak Perhutani Bondowoso.

Dari pihak Stern Resources (SR), diwakili oleh Businese Development Director Stern Resources (SR), Dinnah Tanuhardja dan Co-Chief Execeutive Officer Stern Resources (SR), Hartadinata Harianto.

Usai mendengarkan presentasi dari Bupati Amin, perwakilan dari Stern Resources (SR) Group itu, juga diajak menikmati kopi Arabika khas Bondowoso Republik Kopi, di Cafe Pendapa Bupati.

Selanjutnya, Dinnah Tanuhardja dan Hartadinata Harianto, langsung survei ke lapangan, ke Kawah Ijen, dengan didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal Kabupaten Bondowoso. Keduanya sangat tertarik investasi di Bondowoso.

Perundingan kerjasama kedua belah pihak

Rencana investasi di Kabupaten Bodonwoso itu adalah tindak lanjut dari enam belas investor Amerika Serikat (AS) yang bertemu langsung langsung dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Presidenan untuk membicarakan keinginan mereka berinvestasi di Indonesia.

Diketahui, Stern Resources (SR) Group yang berkantor pusat di New York tersebut telah melakukan beberapa kali kunjungan di Indonesia. Sebagai perusahaan raksasa dan organisasi swasta yang bergerak di bidang investasi, SR Group dinilai mampu menghasilkan peluang penambahan nilai dalam aset global, apalagi di Indonesia.

“Mereka datang langsung ke Bondowoso untuk melihat langsung potensi investasi. Baik untuk sektor produk unggulan berbasis kawasan atau potensi investasi di sektor wisata,” jelas Amin.

Mendapat penjelasan dari Bupati Amin dan langsung survei lapangan, ke Kawan Ijen, Kabupaten Bondowoso, pihak Stern Resources (SR) Amerika Serikat (AS),mengaku sangat tertarik berinvestasi di Bondowoso Republik Kopi.(NUH/TIMES INDONESIA)

LEAVE A REPLY