Kastil Himeji Sapa Indonesia

0
146

ARCHIPELAGO – Japan National Tourism Organization (JNTO), menggelar event Japan Tourism Seminar and Business Meeting 2018 di tiga Kota Besar di Indonesia yaitu Jakarta (15/10), Surabaya (16/10) dan Medan pada tanggal 18 oktober 2018. Dalam rangkaian memperingati hubungan kerjasama dan persahabatan Jepang dan Indonesia yang ke 60.

Gelaran event–event Pariwisata yang diselenggarakan oleh kedua negara ini akan menjadi salah satu perekat bagi persahabatan kedua nya, Sebagaimana event seminar Pariwisata Jepang kali ini. Shogo Isobe, Senior Director Jakarta Office dari JNTO sangat mengapresiasi antusias pelaku Pariwisata Surabaya menghadiri seminar dan presentasi yang disampaikan oleh 10 pelaku pariwisata jepang, yaitu Crossworld DMC, Don Quijote Co, Ltd, East Japan Rail way Company, GIFU City, Hana Tour Japan co. Ltd., Hokkaido Tourism Organization, Matsumoto Tourism Association, PT. Fuju Internasional Abadi, Shinki Bus Tours Co, Ltd, TAS co, Ltd. Pelaku pariwisata Surabaya tidak menyia-nyiakan moment ini dengan memadati booth business meeting yang ada, termasuk booth Himeji shi.

Suasana saat Business Meeting

Himeji Shi adalah Kota yang memiliki objek wisata terkenal yaitu Himeji Jo atau dikenal dengan Kastil Himeji yang merupakan Kastil bernilai sejarah tingggi. Sehingga pada tahun 1993, Hemeji Jo ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO dengan katogori situs Warisan Budaya pertama di Jepang.

Dengan gaya arsitek khas Jepang dan didominasi dari kayu , maka Shirasagi jo , nama lain dari kastil Himeji , menjadi ikon kota Himeji yang dipromosikan oleh Pemerintah kota Himeji dalam Business meeting 2018 di Indonesia. Dibalik keindahan Kastil Himeji, ternyata tersimpan banyak fasilitas Rahasia untuk pertahanan. Salah satunya adalah di dinding Manara Utama terdapat lubang-lubang tersembunyi yang akan menjatuhkan batu-batu dari atas pintu gerbang dan dari dalam tembok, agar musuh tidak bisa masuk kastil.

Kastil Himeji malam hari bak bermandikan cahaya

Tomohiro Ishihara, Assistant Director Regional Revitalization Division Kota Himesji, menjelaskan bahwa jumlah wisatawan yang mengunjungi Kastil Himeji tahun lalu menembus angka 1,83 juta wisatawan. Wisatawan yang berasal dari Indonesia dirasa masih kurang. Sehingga dengan adanya business meeting diharapkan ada lonjakan kunjungan wisatawan Indonesia ke Kastil Himeji. Agar angka kunjungan ke Kastil Himeji meningkat tajam, pemerintah Kota Himeji membuat Paket–paket perjalanan wisata satu hari hingga paket tujuh hari, dengan destinasi inti adalah Kastil Himeji, ungkap Tetsuji Nishio dari Sugoi promotion Co, Ltd.

Dari Osaka ke Himeji shi jika naik shinkansen hanya 30 menit , dan dari Stasiun Himeji ke Kastil Himeji memerlukan waktu 15 menit jalan kaki.

Stasiun Kereta api Himeji

Stasiun Kereta Api Himeji Jepang

Dan untuk menkmati Keindahan Kastil Himeji, rata –rata wisatawan menghabiskan waktu 2—2,5 jam. Sehingga jika tour dimulai pagi hari, maka sore hari sudah bisa balik ke Osaka. Ishihara, menjelaskan lebih lanjut, bahwa tiket masuk Himeji jo untuk orang dewasa adalah 1000 Yen , sedangkan untuk pelajar 300 yen.

Tiket Masuk Kastil Himeji

Ishiraha mengatakan pula bahwa wisatawan muslim asal Indonesia , tak perlu risau, karena di Himeji sudah ada restoran yang menyediakan masakan muslim dan halal bahkan juga tersedia tempat untuk sholat. Semoga Persahabatan Jepang Indonesia terjalin lebih erat karena warga kedua negara saling mengunjungi melalui pariwisata.(MOKO)

LEAVE A REPLY