Kreativitas Seni di Kampung Topeng Malang

0
471

ARCHIPELAGO – Pemerintah Kota Malang terus mengembangkan Kampung Topeng yang ada di Keluragan Tlogowaru sebagai salah satu destinasi wisata. Kini, kampung yang menjadi tempat warga binaan program Desaku Menanti itu dilengkapi dengan flying fox.

Penambahan fasilitas flying fox itu diresmikan Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto pada Selasa (16/1/2018). Ia berharap, kunjungan wisatawan ke kawasan itu bertambah dengan adanya fasilitas bermain tersebut.

Ia pun meminta kepada pihak berwenang untuk terus memberikan pelatihan kepada warga binaan yang ada di kawasan itu. Menurutnya, meningkatnya kunjungan wisata akan berpengaruh terhadap kondisi ekonomi warga di kawasan tersebut.

“Saya mengimbau kepada dinas terkait untuk terus membimbing dan mendampingi serta memberikan berbagai pelatihan yang dapat mendukung pengembangan keterampilam dan kemampuan warga binaan,” katanya.

Menurutnya, terdapat berbagai prinsip dalam pembangunan destinasi pariwisata. Diantaranya adalah destinasi wisata itu memberikan dampak pada pengembangan ekonomi masyarakat.

Selain itu, keberadaan destinasi itu juga membawa pengaruh sosial kepada masyarakat.

“Upaya pengembangan dan pengelolaan sumber daya yang dilakukan harus diarahkan agar dapat memenuhi aspek ekonomi, sosial dan estetika serta dapat menjaga keutuhan dan kelestarian ekologi hingga budaya,” jelasnya.

Sementara itu, penambahan fasilitas bermain flying fox itu merupakan bantuan dari Bank Nasional Indonesia. Harapannya, flying fox itu bisa menambah kunjungan ke Kampung Topeng tersebut.(NUH/TEMPO)

LEAVE A REPLY