Mengamati Indahnya Geopark Ciletuh dari Puncak Darma

0
10

ARCHIPELAGO – Geopark Ciletuh kini jadi salah satu primadona wisata di Sukabumi, Jawa Barat. Sebelum menyibak keindahannya, Anda bisa menikmati pemandangannya lewat Puncak Darma.

Puncak Darma ialah salah satu dataran tertinggi di kawasan Geopark Ciletuh. Bukit di Puncak Darma berada di ketinggian 230 meter di atas permukaan laut, di atas Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Sukabumi.

Desa Girimukti, Ciemas ini merupakan salah satu pintu gerbang Geopark Ciletuh. Sebelum menelusuri geopark, biasanya wisatawan melihat keindahan lanskapnya dari Puncak Darma.

Para wisatawan memandang keindahan Geopark Ciletuh dari Puncak Darma

Dari puncak tersebut Anda bisa menikmati panorama Teluk Ciletuh yang berbentuk tapal kuda. Selain itu keindahan tebing-tebing, pesawahan, hingga pantai Geopark Ciletuh juga bisa Anda amati.

Pesona keindahan terbaiknya ialah saat matahari terbenam, atau sunset karena bukit ini menghadap ke barat. Matahari akan terbenam di tengah teluknya, dan gemerlap lampu-lampu di geopark pun lalu mengganti guratan senja yang ada.

Untuk masuk ke sini wisatawan perlu membayar tiket Rp 3.000 saja. Untuk anak kecil di bawah usia sekolah dasar tidak perlu membayar tiket.

Mustari, salah satu pengelola Puncak Darma mengatakan dahulu obyek wisata ini merupakan milik perseorangan, kemudian dibeli dan dikelola oleh pihak Geopark Ciletuh.

“Sekarang hampir semua yang ada di kawasan Geopark Ciletuh dikelola sama geopark, termasuk Puncak Darma ini,” tuturnya kepada KompasTravel, saat berkunjung Jumat (22/6/2018).

Tempat paling cocok memandangi keindahan Geopark Ciletuh

Tidak ada persiapan atau bekal khusus untuk berkunjung ke sini. Anda tinggal menyiapkan bidikan lensa terbaik untuk mengabadikan momen.

Di dalam kawasan obyek ini tersedia kios jajanan dan toilet umum bagi wisatawan.

Puncak Darma buka sejak pukul 08.30-18.00 WIB atau selesai matahari terbenam. Namun, pemandangan malam dengan lampu-lampu di geopark tidak kalah menariknya.(NUH/KOMPAS)

LEAVE A REPLY