Orisinalitas Candi Sukosewu Blitar

0
140

ARCHIPELAGO – Desa Sukosewu yang berada di kecamatan Gandusari kabupaten Blitar ternyata memiliki Situs. Situs sukosewu tepatnya berada di dusun cungkup, sehingga situs ini disebut juga candi cungkup.

Situs yang berada di areal sawah serta kolam ikan nila milik Ny.Fadhlia-juru pelihara Situs ini, sering dikunjungi wisatawan karena letaknya kurang lebih 400 m dari candi Kotes yang berada di sebelah selatannya.

Wisatawan yang akan ke Candi Kotes yang datang dari Utara akan melewati situs Sukosewu yang asri karena banyak pohon–pohon di sekelilingnya.

Menurut keterangan juru peliharanya, situs Sukosewu adalah situs peninggalan kerajaan majapahit. Zaman raja pertama Majapahit R. Wijaya, yang diperikirakan berfungsi sebagai tempat pemujaan.

Di areal situs terdapat, lapik, altar, fragmen miniatur, miniatur candi. Situs ini berada di Selatannya Gunung Kelud, sehingga pada saat upacara akan menghadap ke gunung kelud.

Diperkirakan situs yang ada ini, dahulunya berada di dalam suatu bangunan atau diatasnya ada atapnya, karena masih tersisa pondasi berukuran 25,25 m x 24, 25 m. Namun mungkin dikarenakan diterjang lahar gunung kelud maka dinding bangunan atau atap tersebut runtuh. Sehingga Arca yang ada di situs juga tertimbun dan hanya tertinggal lapik dan umpaknya. Dan tanah di situs tersebut adalah tanah pasir, akibat lahar gunung kelud.(MOKO)

LEAVE A REPLY