Pantai Tanjung Pakis Sontak Terkenal, Pasca Kecelakaan Lion Air

0
283

BERITANUSA – Pantai Tanjung Pakis, yang terletak di Karawang, provinsi Jawa Barat, dalam beberapa hari terakhir mendadak terkenal. Kawasan ini hampir selalu disebut di media elektronik maupun cetak dalam pemberitaan kecelakaan yang menimpa pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610, pada Senin 29 Okotber 2018. Pasalnya pantai ini merupakan titik terdekat dengan jatuhnya pesawat tersebut.

Pantai Tanjung Pakis berada di Desa Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Ini adalah salah satu objek wisata yang menjadi andalan Kabupaten Karawang. Warga Karawang dan sekitarnya kerap menyambangi tempat ini untuk bersantai terutama pada akhir pekan.

Di Pantai Pakis yang membentang sepanjang tujuh kilometer itu pengunjung bisa menyewa perahu dan menikmati panorama dari laut. Ada pula dermaga kayu, sarana outbound, banana boat, air bersih, warung makanan yang menawarkan bandeng bakar, penginapan, dan panggung hiburan.

Keheningan Pantai Tanjung Pakis sebelum adanya kejadian kecelakaan Lion Air.

Salah satu hal yang menarik dari pantai ini adalah hamparan pasir putih yang terbentang luas dan menjadi pembatas antara laut dan daratan. Ombak yang tenang juga memperindah pemandangan di sana.

Untuk memasuki pantai tersebut dikenakan tiket masuk ke obyek wisata dengan harga Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk parkir motor Rp 5.000 sementara untuk parkir mobil Rp 10 ribu. Harga tersebut sepadan dengan kondisi pantai yang kurang terawat.

Lokasi pantai yang berada di pedalaman Karawang adalah salah satu kendala belum optimalnya kunjungan wisatawan ke sana. Dari jantung kota Jakarta, setidaknya diperlukan waktu sekitar 3,5-4 jam untuk sampai lokasi pantai.

Pantai Tanjung Pakis menjadi lokasi wisata dadakan setelah warga memenuhi pantai untk melihat penyelamatan tim SAR.

Jalan menuju pantai Tanjung Pakis tidak terlalu lebar dan banyak dilalui truk. Namun, untunglah jalan sudah di beton semen.

Dari Jakarta rute terbaik bukan melalui jalan tol Jakarta-Cikampek. Anda tetapi disarankan menempuh rute Tanjung Priok, Cakung yang bisa memotong jalan menuju lokasi.(NUH/TEMPO)

LEAVE A REPLY