Penanggungan Center di Ubaya, Trawas

0
60
Gerbang utama IOC Ubaya, Trawas

Archipelago – Agar mendapat gambaran lebih tentang Gunung Penanggungan beserta ratusan situs yang ada dibagian kaki dan lerengnya, maka mengunjungi gedung Ubaya Penanggungan Center ( UPC ), yang berada di dalam Area Ubaya Training Center, merupakan salah satu cara yang bisa dipertimbangkan. UPC adalah salah satu unit dari Integrated Outdoor Campus ( IOC ) Universitas Surabaya. IOC yang terletak di desa Tamiajeng Trawas juga disebut Kampus 3 Ubaya ini menempati lahan seluas 58 Ha.
Didalam UPC, pengunjung disuguhi foto – foto, blok dan informasi situs purbakala, yang ada di Penanggungan.

Ruang Ubaya Penanggungan Center yang berada di areal UTC, terdapat foto-foto Eksplorasi pertama oleh Belanda pada tahun 1915, yaitu Foto : Jolotundo saat pertama kali ditemukan pada tahun 1915, Candi Selokelir, Gua Buyung, Candi Carik, Candi Wisnu.

Ruangan lainnya yang menampilkan foto-foto terbaru, seperti foto di blok Gunung Bekel

Untuk mencapai situs yang ada di Penanggungan Tim Ekspedisi Penanggungan Universitas Surabaya membuat rute pendakian Penanggungan yang dikemas dalam 8 rute atau trail. Masing-masing Trail memberi gambaran titik awal pendakian, situs yang ada, jarak, waktu yang dibutuhkan hingga titik akhir Trail. Trail 1 yang membentang 5.8 Km adalah rute yang dimulai dari Petirtaan Jolotundo – Balekambang – Jedong ini bisa ditempuh sekitar 3 jam. Sementara jika pendaki atau wisatawan hendak melihat situs Candi Kama II, Candi Kendalisodo Candi Kama III, Gua Buyung, Candi Kursi maka Trail 2 yang juga diawali dari petirtaan Jolotundo merupakan Trail yang hanya membutuhkan waktu 4-5 jam perjalanan, karena jarak yang akan ditempuh untuk mencapai situs-situs tersebut sekitar 4,5 Km. Namun jalan menuju situs diatas adalah jalan setapak dengan kemiringan diatas 30 derajat. (MOKO)

LEAVE A REPLY