Penemuan Situs Majapahit di Sidoarjo Jadi Wisata

0
84

ARCHIPELAGO – Situs Alas Trik di Desa Kedungbocok, Sidoarjo, Jawa Timur, jadi wisata cagar budaya dadakan. Dari hari ke hari situs berupa pagar yang diyakini terkait dengan cikal bakal Majapahit itu semakin banyak dikunjungi masyarakat.

Masyarakat penasaran ingin mengetahui bentuk pagar dari tumpukan batu bata kuno yang terpendam dalam tanah tersebut. Salah satu pengunjung, Endang, mengatakan ia ingin tahu bentuknya dan sejarah situs di daerah setempat. Ia datang bersama sejumlah ibu rumah tangga.

Penemuan situs ini pun mendatangkan berkah bagi pemerintah desa maupun masyarakat. Atas persetujuan dengan pemerintah desa, para pemuda karang taruna desa setempat menyediakan kardus sebagai kotak sumbangan bagi pengunjung. Kotak sumbangan itu diletakkan di akses jalan masuk ke lokasi situs yang berada di persawahan dan makam. Hasil sumbangan akan digunakan untuk perawatan akses jalan menuju situs.

Tak hanya itu, penemuan situs ini juga mendatangkan berkah bagi ibu-ibu yang bertugas sebagai juru parkir. Salah satu juru parkir, Syariati, mengatakan sejak penemuan situs, jumlah sepeda motor yang datang dan parkir bisa mencapai 100 unit. Ia tak mematok biaya parkir dan pengunjung memberi imbalan seikhlasnya.(BUD/TEMPO)

LEAVE A REPLY