Pesona 2 Pantai Berpasir Pink di Indonesia

0
1111

ARCHIPELAGO – Pantai dengan pasir putih sudah biasa ditemukan di negara-negara berbentang kepulauan di dunia. Namun, pantai dengan pasir merah jambu alias pink hanya segelintir jumlahnya.

Pantai berpasir pink terbentuk karena proses peleburan antara pecahan koral berwarna merah dan pasir pantai yang umumnya berwarna putih. Ditambah dengan makhluk miksroskopik, foraminifera, yang hidup di pantai.

Pantai berpasir pink kerap dianggap sebagai keajaiban dunia. Sebab, bentang seperti itu termasuk fenomena langka. Dari kira-kira lima pantai berpasir pink di dunia, dua di antaranya ada di Indonesia. Berikut ini segelintir pantai pink tersebut.

Pantai Pink Pulau Komodo, NTT

Pantai Pink di Pulau Komodo memiliki pesona tersendiri

Pantai Pink atau Pantai Merah, dalam sebutan lokal, terletak di Taman Nasional Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki pasir berwarna merah jambu. Warna yang cukup mencolok dapat disaksikan bila pengunjung melihatnya dari puncak bukit yang berada di tepi Pantai Pink.

Selain terkenal dengan keunikan warna pasirnya, Pantai Pink kesohor karena memiliki spot snorkeling paling indah di Kepulauan Komodo. Lautnya cukup dangkal. Namun koral dan ikan-ikan yang hidup di perairan itu tumbuh sehat dengan jenis yang beragam.

Pantai Pink, Lombok, NTB

Pantai berpasir Pink yang ada di pantai Tengsi

Orang-orang lokal menyebutnya Pantai Tangsi. Pantai berpasir pink ini terletak di Lombok Timur. Tidak hanya eksotis karena warna pasirnya, pemandangan bukit dengan padang rumput yang luas menjadi sajian yang menarik dilihat.

Ada dua cara menikmati Pantai Pink di Lombok, yakni menyaksikan keindahan dari atas bukit atau dari gazebo yang rapi tertata di tepi pantai.(NUH/TEMPO)

LEAVE A REPLY