Pesona Kampung Biru Malang

0
217

 

ARCHIPELAGO – Penyuka warna biru pasti bermimpi berwisata ke Santorini, Yunani, kota cantik yang didominasi warna biru. Aneka ornamen bangunan berwarna biru yang berlokasi di tepi laut sungguh merupakan perpaduan pas untuk memberi efek menenangkan.

Nah, nuansa Santorini kini juga bisa Anda nikmati tanpa mesti terbang jauh ke Yunani. Cukup dengan merapat ke kota Malang, Jawa Timur, Anda pasti akan terpukau dengan Kampung Biru yang mirip dengan Santorini ini.

Kampung Biru sendiri dapat ditemukan dengan mudah dari atas Jembatan Brantas, Malang. Posisinya tepat di seberang Kampung Warna-Warni Jodipan. Kedua kampung ini berdampingan, tapi terlihat begitu kontras. Daya tarik Kampung Warna-Warni Jodipan adalah parade warna cerah yang memberikan kesan ceria, sedangkan Kampung Biru cuma mengusung warna biru tapi tetap menimbulkan efek adem saat dipandang.

Pesona Kampung Biru Malang

Jika Santorini di Yunani punya ciri khas bangunan dengan kombinasi warna putih dan biru muda, di Kampung Biru Malang ini hanya ada warna biru sejauh mata memandang. Ada sekitar 500 bangunan yang sengaja dicat dengan warna biru muda dan biru tua. Saat cuaca cerah, arakan awan putih dan birunya langit akan menambah pesona kampung ini hingga berkali-kali lipat.

Kenapa harus biru? Ternyata, Kampung Biru tidak semata terinspirasi dari Santorini. Faktanya, warna biru memang punya tempat istimewa di hati warga Malang. Biru adalah warna identitas Arema, tim sepak bola kesayangan mereka. Selain bangunan yang serba biru, ada juga mural-mural unik bertema singa yang tidak lain adalah maskot tim Arema. Ideologis banget, ya?

Hiasan di Kampung Biru Malang

Warna biru di kampung ini telah mengubah kesan pemukiman padat yang kumuh menjadi destinasi wisata yang indah. Tak heran jika pada akhirnya banyak wisatawan yang mendatangi Kampung Biru saat berkunjung ke Malang, sekadar foto-foto atau nge-vlog sambil mengeksplorasi setiap sudut kampung.(NUH/*)

LEAVE A REPLY