Pulau Khayangan Sombori Morowali, Wisata Impian Indonesia Timur

0
331

ARCHIPELAGO – Pulau khayangan Sombori Morowali merupakan salah satu gugusan pulau terindah yang pernah ada di bumi Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia bagian Timur.

Letaknya berada di perairan laut Banda tepatnya di Desa Mbokita Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

Riak cahaya yang memantul dari air lautnya bagaikan kerlapan intan permata penghias acara para bidadari yang sedang turun dan bermandi ria di sekitar pulau tersebut.

Memandang keindahan kepulauan di Morowali

Hamparan pasir putih yang memanjang serupa cincin berbentuk setengah lingkaran yang ada di sekitarnya membuat pulau yang dihuni suku Bungku Morowali dan kelompok pelaut dari suku Bajo ini semakin dirindukan dan diimpikan jutaan insan apalagi bagi mereka yang tengah terlilit dan ingin keluar dari himpitan hiruk pikuk dan kesemrawutan profesi dan pekerjaannya.

Lagunan yang ada di sekitar pulau Nenek, pulau dua dan pulau tiga, gua gurita dan gua berlian, perkampungan nelayan dan kehidupannya, serta puncak bukit khayangan merupakan sebagian kecil dari objek yang dapat dikunjungi di sekitar kepulauan tersebut.

Puncak Bukit Pulau Khayangan

Menyelam, snorkeling dan membuat tenda dan api unggun seraya menikmati kerlap-kerlip bintang di kesunyian malam dan atau berbaring di atas hamparan putih merupakan salah satu dari sepersekian opsi saat mengisi kunjungannya ke pulau indah nan menawan hati tersebut.

Dari kisah para pelancong yang sudah pernah kesana, pulau ini ternyata jauh lebih indah dari pulau-pulau lain bahkan katanya setara dengan keindahan Raja Ampat, Bunaken dan Wakatobi.

“Sombori jauh lebih indah, pulau ini adalah rangkuman dari Raja Ampat, Bunaken dan Wakatobi,” ungkap sejumlah wisatawan mengapresiasi pengalamannya tentang keindahan pulau khayangan Sombori seragam.

Berenang di perairan kepulauan Morowali

Untuk mencapai pulau Sombori sendiri tidaklah sulit dan dapat ditempuh dari dua arah yang berbeda. Yang pertama lewat jalur Kendari, yang kedua lewat jalur Morowali. Untuk kepentingan tersebut dapat menghubungi Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPC-HPI) sebagai satu-satunya organisasi pemanduan resmi yang diakui Kementerian Pariwisata dan sudah ada di Kabupaten Morowali.

“Sebagai organisasi resmi pemanduan, kami selalu siap untuk mengantar dan melayani para tamu yang hendak melakukan perjalanan wisatanya ke Sombori. Di tangan kami, para wisatawan pasti aman dan puas karena kami bekerja dengan sepenuh hati dan mengacu pada etika dan rambu-rambu pemanduan yang ada,” ungkap Ketua DPC HPI Morowali, Hamadong serius.(TEDDY)

LEAVE A REPLY