Pusentasi, Pantai Bawah Tanah di Palu

0
212

 

ARCHIPELAGO – Kota Palu punya sebuah pantai unik di bawah tanah bernama Pusentasi. Pusentasi merupakan pantai pusat laut yang diberi nama menggunakan bahasa Kaili, Sulawesi Tengah. Dalam bahasa Kaili, kata ‘Pusat’ berarti ‘Pusen’ sedangkan laut berarti ‘Tasi’.

Pusentasi berlokasi di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala. Untuk dapat mencapai Pusentasi, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor. Jaraknya sekitar 46 kilometer dari kota Palu dan 12 kilometer dari Kabupaten Donggala.

Wisata Pusentasi yang mirip sebuah sumur yang tembus ke laut.

Karena letaknya yang berada di bawah tanah, Pusentasi terlihat seperti sumur raksasa. Berair jernih dengan nuansa turqoise, Pusentasi memiliki kedalaman tujuh meter dengan diameter 10 meter. Keindahan air laut yang berada di dalam Pusentasi bisa membuat pengunjung tidak sabar untuk melompat dan merasakan kesegarannya.

Pusentasi kabarnya adalah sebuah sink hole atau sumur laut yang terhubung dengan air laut melalui sebuah terowongan. Terowongan ini menjadi sarana masuknya air laut yang berjarak sekitar 500 meter dari Pantai Tanjung Karang.

Sumur tersebut mirip sebuah sumur raksasa dengan dinding karangnya,

Ini juga yang menyebabkan Pusentasi memiliki rasa air yang asin selayaknya air laut meskipun ia berbentuk seperti sumur. Karena sumber air Pusentasi berasal dari laut, permukaan airnya juga turut pasang surut seperti sumber mata airnya.

Menariknya, Pusentasi di kelilingi tembok berwarna-warni yang dicat dengan warna-warna yang lucu. Seperti kuning, merah muda, biru tua dan biru muda. Karena airnya yang dalam, untuk dapat berenang ke dalam Pusentasi dibutuhkan keahlian yang khusus.
Air yang berada di Pusentasi juga tidak pernah keruh atau kotor, walaupun sering digunakan untuk menyelam atau berenang.

Keindahan wisata Pusentasi dilihat dari atas,

Di tempat ini Anda juga bisa melihat anak-anak yang bermain di dalam Pusentasi. Anak-anak ini akan menangkap koin yang kamu lempar ke dalam sumur. Jika Anda ingin mencoba tetapi tidak punya uang koin, Anda bisa menukarkannya ke tempat yang disediakan.

Kabarnya, air di Pantai Pusat Laut Donggala atau yang kerap dikenal sebagai Pusentasi ini berkhasiat menyembuhkan penyakit, terutama penyakit kulit. Jadi jangan heran jika Anda menemukan banyak pengunjung yang datang hanya untuk mengambil airnya saja.
Untuk mengunjungi Pantai Pusat Laut alias Pusentasi Anda hanya perlu merogoh kocek seharga Rp 5 ribu untuk anak-anak, Rp 10 ribu untuk dewasa, dan Rp 15 ribu untuk wisatawan asing.

Pengenaan harga tiket masuk ini hanya berlaku di hari Minggu dan libur hari besar keagamaan, selebihnya pengunjung dapat memasuki Pusentasi dengan besaran tiket Rp 2.500 saja.(NUH/KUMPARAN)

LEAVE A REPLY