Sendang Banyu Biru Gresik, Airnya Dipercaya Bisa Menyebuhkan

0
417

ARCHIPELAGO – Dikenal sebagai kawasan industri karena banyaknya perusahaan dan industri disini, tidak mengherankan jika Kabupaten Gresik Jawa Timur memiliki sedikit kawasan wisata.

Tetapi dalam waktu dekat, terdapat tujuan wisata baru di Gresik. Tempat wisata tersebut bernama Sendang Banyu Biru. Lokasi tempat wisata tersebut berada di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Gresik.

Sebenarnya lokasi wisata tersebut sudah ada sejak lama, bahkan sebelum penjajahan belanda, dengan bentuknya yakni sebuah danau. Di area tersebut, para wisatawan dapat meilihat air di sendang yang biru.

Area selfie di tepian Sendang Banyu Biru Gresik

“Tempat ini seudah ada sejak saya masih kecil, bahkan sebelum ada saya, para orang tua dulu sudah menceritakan tentang tempat ini. Airnya yang biru, bahkan lebih biru dari tempat yang jauh,” ujar Achmad Misbahul Abidin, Penduduk Lokal Lowayu.

Sendang tersebut memiliki ukuran diameter sekitar 25 meter dan cukup alami dan pada sisi kiri dan kanannya penuh dengan batu. Pada tahun 2013, Sendang tersebut direnovasi dengan penataan batu yang cukup menarik. Renovasi tersebut dimaksudkan agar para pengunjung bisa berenang dan duduk di tepi sendang.

Achmad Misbahul Abidin menambahkan, sekarang ini tampilan dari Sendang Banyu Biru lebih menarik. “Sayangnya, pengunjung tempat wisata ini masih terbatas. Apalagi tempat wisata ini dikunjungi banyak orang ketika hari libur. Kebanyakan adalah wisatawan lokal Gresik,” ungkapnya.

Dikatakan Misbah, warna biru muncul karena adanya konten sulfur di dalam air Sendang Banyu Biru. Lantaran hal itulah, air Sendang Banyu Biru tersebut dipercaya bisa menyembuhkan penyakit.

Dibangun Menjadi Lebih Cantik

Pemandangan di Sendang Banyu Biru menjadi lebih cantik setelah area tersebut mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Gresik. Tentu saja, hal tersebut bisa meningkatkan jumlah pengunjung di kawasan itu.(NUH/SURYA)

LEAVE A REPLY