Sentul Adventure, Ikon Wisata di Pegunungan Argo Puro

0
482

ARCHIPELAGO – Desa Sentul yang terletak 25 Km ke arah Selatan dari Kraksaan Kabupaten Probolinggo merupakan sebuah desa yang berada di lereng pegunungan Hyang Argo Puro.

Desa ini dulunya terpencil dan bisa dibilang sebagai desa yang tertinggal. Timbul, sebagai Kepala Desa Sentul memiliki motivasi untuk mengubah desa Sentul dari desa tertinggal menjadi desa yang diperhitungkan khususnya dalam hal pariwisata.

Wisata Sentul yang masih Alami

Ide cerdasnya itu berawal dari pandangan Timbul untuk
yang memahami potensi dari desa yang dipimpinnya. Langkah awal yang dilakukan Timbul adalah mendidik para pemuda desa Sentul agar bisa berkarya. Disamping itu, ia juga memanfaatkan sungai arah makam menjadi obyek wisata body rafting dan mengaktifkan masyarakat desa untuk berperan serta di bidang pariwisata.

Puluhan pemuda desa pun ia aktifkan untuk bersama-sama mengelola wisata body rafting yang ditangani oleh BUMDES (Badan Usaha Milik Desa). Kini kawasan desa Sentul mulai dikenal masyarakat lokal maupun mancanegara akan obyek wisatanya.

Wisata Sentul Adventure yang dikelola oleh BUMDES

Jika Anda berkunjung ke desa Sentul, maka akan menyaksikan Flying Fox, Outbond, Rice Field, Pinbol dan penjelajahan lainnya. Area wisata tersebut sudah menunjukkan namanya dan ribuan pengunjung dalam dan luar negeri pun sudah berdatangan ke desa tersebut dan menikmati pemandangan desa Sentul. Area Wisata itu dikenal dengan nama Sentul Adventure. Penasaran? Buktikan sendiri.(ABDUL ROHMAN)

LEAVE A REPLY