SHS, Hotel Cerminan Pariwisata

0
153

ARCHIPELAGO – Bagi orang-orang yang sedang melakukan perjalanan bisnis atau wisata, menginap di sebuah hotel untuk melepas kepenatan setelah melakukan aktifitas bisnis atau berwisata seharian adalah salah satu pilihan yang harus diambil.

Keputusan menginap di sebuah hotel, tentu mempunyai pertimbangan. Salah satu nya adalah praktis, menghemat waktu, tidak ingin merepotkan kerabat atau kolega yang ada di tempat mereka melakukan perjalanan tersebut, atau ingin memperoleh privasi dan sebagainya.

Pilihan menginap disebuah hotel juga menyesuaikan dengan dana yang ada. Harga kamar sebuah hotel adalah berdasar pada Plan atau perencanaan harga kamar yang diambil oleh sebuah Hotel. Hotel yang menerapkan sistim bahwa tamu memperoleh continental breakfast ini disebut dengan Continental Plan. dan yang menyediakan fasilitas Amerikan breakfast adalah hotel yang menggunakan sistim Bermuda Plan.

HOTEL DI TRENGGALEK DENGAN SISTEM MODIFIED AMERICAN PLAN

Sementara jika ingin menginap di sebuah hotel yang memberikan fasilitas makan 3 kali. yaitu sarapan, makan siang dan makan malam maka menginap di hotel yang menerapkan Fully American Plan adalah jawabannya. Dan Jika hanya ingin menikmati 2 kali makan yaitu makan pagi dan makan siang atau sarapan dan makan malam saja di hotel tempat menginap, maka harus reservasi ke hotel yang memakai sistim Modified American Plan. Namun apabila ingin praktis dan tidak ribet system billing nya, maka menginap di hotel yang menerapkan sistim European Plan lebih pas.

Dewasa ini banyak hotel yang menerapkan sistim European Plan, yaitu sistim dimana tamu hanya membayar harga kamar saja, tanpa makan.

Sejak tahun 1797 Hotel mulai dikenal masyarakat. Kata hotel sendiri merupakan perkembangan dari bahasa Perancis. Hotel berasal dari kata latin: “ hostel, sebutan untuk Rumah besar. Hostel disewakan untuk umum sebagai tempat beristirahat sementara waktu, dan dikoordinir oleh seorang host. Seiring perkembangan dan adanya tuntutan terhadap kepuasan, di mana orang tidak menyukai peraturan yang terlalu banyak pada hostel, maka kata hostel kemudian mengalami perubahan, yakni penghilangan huruf “s” pada kata hostel sehingga menjadi hotel.

KAWASAN HOTEL

KAWASAN PERHOTELAN

Sebagai bagian dari Industri Pariwisata , Hotel juga berfungsi sebagai sarana menginap wisatawan yang sedang melakukan perjalanan wisata. Keberadaan sebuah hotel di suatu destinasi Wisata atau suatu daerah dapat merupakan gambaran atas tingkat kunjungan wisatawan di suatu objek wisata. Semakin terkenal suatu objek wisata maka Hotel akan banyak bermunculan. Dan kebutuhan akan tenaga perhotelan yang terlatih diperlukan agar hotel menjadi industry hospitality yang mampu mencerminkan sustainable tourism development.

Adalah Surabaya Hotel School yang merupakan lembaga kawah candradimuka tenaga professional perhotelan, yang selalu berkomitmen menjadikan lulusannya sebagai professional yang siap ditempatkan dimana saja. Menjadi penyumbang SDM handal Perhotelan yang dbutuhkan oleh dunia Hotel.

BUAH MANIS PENGABDIAN

 

Berangkat dari misi menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan perhotelan yang berkualitas dengan biaya serendah-rendahnya, agar bisa terjangkau golongan masyarakat ekonomi menengah ke bawah, maka Surabaya Hotel School atau SHS seiring berjalannya waktu menjadi jujugan dari lulusan Sekolah Menengah Atas atau sekolah Menengah Kejuruan yang ingin berkarier di bidang hospitality.

Membidani SHS bersama kedua temannya, hingga tetap kokoh selama 30 tahun, Bagus Supomo di sela-sela persiapan ultah SHS yang jatuh pada tanggal 11 nopember 2018, mengungkapkan bahwa 95 % siswa yang menimba ilmu di SHS adalah atas rekomendasi Alumni atau keluarga alumni, dan merupakan suatu bukti bahwa kualitas kami tidak diragukan oleh masyarakat”.

MELATIH KETRAMPILAN

KETRAMPILAN DI SHS DILATIH

Lebih lanjut ”Alumni sudah Go Internasional, dapat bekerja dan berkarir, baik di Kapal–kapal Pesiar maupun Hotel berbintang dalam dan Luar negeri,” Tutur Bagus. Bahkan Pria yang memperoleh piagam penghargaan dari Walikota Surabaya atas kepeduliannya dalam Program Lifeskill anak putus sekolah pada hari pendidikan nasional 2018 ini menambahkan bahwa peluang kerja Perhotelan bukan hanya di hotel tetapi bisa juga di rumah sakit, bandara, kapal pesiar yang bergaji Dolar, dan bidang jasa lainnya. Dan punya kesempatan besar bekerja di seluruh dunia sebagai Profesional.

PIAGAM PENGHARGAAN WALIKOTA SURABAYA 

PIAGAM PENGHARGAAN WALIKOTA SURABAYA

Beberapa piagam penghargaan pun diraih oleh SHS atas prestasinya dalam bidang pendidikan non formal dari Dinas Pendidikan Propinsi Jatim maupun dari Kemendibud sebagai apresiasi lembaga Kursus dan pelatihan tingkat nasional bidang ketrampilan pariwisata’.(MOKO)

LEAVE A REPLY