Suku Lingon, Orang Bermata Biru di Indonesia

0
1523

 

ARCHIPELAGO – Sebuah foto seorang gadis kecil asal Indonesia tiba-tiba menjadi viral di media sosial, pasalnya gadis cantik ini memiliki mata biru yang indah.

Masyarakat Indonesia umumnya menganggap jika fenomena mata biru sebagai hal yang unik, karena jarang yang memiliki warna mata seperti itu.

Orang bermata biru yang ada di Indonesia

Faktanya, hal ini terjadi di Siompu, sebuah kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

Pulau Siompu dapat dicapai sekitar 40 menit dengan perahu cepat dari Pelabuhan Topa, Kota Baubah. Masyarakat bermata biru ini tinggal di pegunungan Desa Kaimbulawa yang jauh dari pusat Kecamatan Siompu Timur.

Anak-anak suku Lingon dengan ciri khas mata birunya.

Perawakan orang di daerah tersebut mirip dengan orang Eropa yang bertubuh tinggi, rambut pirang, kulit putih, dan mata biru. Menurut rumor, pada abad 16 atau sekitar awal tahun 1600-an, pulau Siompu menjadi tempat persinggahan pelaut dari Eropa, termasuk dari Portugis.

Sebagai bentuk persahabatan antara warga Siompu dengan Portugis kala itu, pemimpin Portugis mempersunting gadis lokal bernama Waidawula, yang adalah seorang bangsawan Wollo.

Selain yang ada di Sulawesi Tenggara, pemilik mata biru di Indonesia juga ada di Lamno, Aceh Barat, yang juga merupakan keturunan orang-orang Portugis yang mendarat di sana dulu.

Meski memiliki mata biru tidak mengurangi kecantikan dari para wanita di suku Lingon.

Pemilik mata biru di Lamno begitu mudah ditemui dulu, namun karena tsunami tahun 2004 silam, jumlah penduduk daerah ini lalu berkurang.

Di suku Lingon yang hidup terpencil di pedalaman hutan Halmahera Timur juga memiliki iris mata berwarna biru dengan bentuk fisik persis orang Eropa. Ras Kaukasoid memiliki tubuh tinggi, kulit putih, rambut pirang, dan mata berwarna biru dan hijau.

Rumor menyebutkan jika suku Lingon ini berasal dari sisa-sisa bangsa Portugis yang menghindar ke dalam hutan sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Jika kamu masih meragukan keberadaan kelompok orang bermata biru di Indonesia, kamu perlu berkunjung ke daerah-daerah di atas.(NUH/BERITANUSA)

LEAVE A REPLY