“Surabaya Bersih Dan Hijau … “

0
62

ARCHIPELAGO – Pagi cuaca di Paltuding sangat cerah. Pos Utama menuju Kawah Ijen ini dipenuhi Wisatawan Mancanegara dan Nusantara, hampir semuanya yang turun dari Kawah Ijen terlihat cerah ceria walaupun penuh peluh keringat membasahi tubuh mereka.
Adalah menjadi kepuasan tersendiri bagi mereka yang bisa mencapai kawah.

Wisataran mancanegara banyak didominasi dari Eropa: Perancis, Jerman, Swiss, Cheko dan Belanda, sedangkan dari Asia yaitu Malaysia, Singapura dan Jepang. Domestik banyak orang sekitar, Jakarta, Bandung dan mahasiswa.

Masing-masing memang mempunyai kesan tersendiri, diantaranya sepasang tourist dari Berlin, Jerman, Daniel Nebel dan Mariam Schmitt. Mereka berdua sebelum ke Bromo dan Ijen, singgah dahulu di Surabaya. Mereka sangat terkesan dengan Kota Surabaya, orangnya ramah, bersih dan hijau.

Namun kesannya itu tidak diikuti oleh Kota Probolinggo, di Terminal kota itu mereka mendapat kesulitan saat hendak ke Bromo dan Ijen. Dinilainya banyak mafia transport disana, ongkos ke Bromo dan ke Ijen menurut mereka terlalu mahal, Sebagaimana yang diungkapkan mereka di video.(SNT)

LEAVE A REPLY