Timor Leste Belajar Kembangkan Pariwisata dari Bali

0
86
MENTERI Pariwisata Timor Leste Manuel Vong menyerahkan cindera mata bagi Gubernur Pastika di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Jumat (18/5)

ARCHIPELAGO – Gubernur Bali Made Mangku Pastika menerima kunjungan kenegaraan dari Menteri Pariwisata Timor Leste Manuel Vong di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Jumat (18/5). Manuel Vong mengatakan, Timor Leste saat ini bertumpu pada 3 sektor ekonomi, yakni perminyakan, pertanian, dan pariwisata. Namun, mengingat minyak adalah sumber daya terbatas dan lahan pertanian juga terbatas, Timor Leste berencana mengembangkan pariwisata hingga tahun 2030 mendatang.

“Kami punya rencana strategis untuk tahun 2018 sampai 2030 menjadikan Timor Leste sebagai new destination di Asia,” kata Vong.

Untuk mewujudkan hal ini, ia berharap Bali bisa menjadi pintu gerbang pariwisata Timor Leste. Meskipun saat ini penerbangan belum banyak, ia berharap wisatawan yang datang ke Bali menyempatkan diri mengunjungi Timor Leste.

Ia mengaku saat ini infrastruktur pendukung pariwisata itu masih terus dibangun. Timor Leste, menurutnya, memiliki potensi pariwisata relijius, budaya, dan historis, salah satunya adalah keberadaan Pura Giri Natha yang sudah direnovasi.

Selain itu, Vong juga berharap bisa mengembangkan sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung pariwisata Timor Leste. Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengapresiasi keinginan pemerintah Timor Leste tersebut. Sebagai negara pulau, menurut Made Mangku, Timor Leste memiliki potensi geografis yang mirip dengan Bali.

Hanya saja SDM juga menjadi kunci untuk mewujudkan pariwisata yang berkualitas. Ia menilai Bali memiliki tempat pendidikan yang bagus untuk meningkatkan SDM di bidang pariwisata.

“Bahkan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua rencananya akan dikunjungi oleh negara peserta IMF-World Bank nanti,” kata Made Mangku.

Timor Leste memang memiliki hubungan yang baik dengan Bali. Selain memiliki Konsul, Timor Leste cukup sering meramaikan ajang Pesta Kesenian Bali.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh jajaran Kementerian Pariwisata Timor Leste, Konsul Timor Leste di Bali, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Bali, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali, dan Bali Tourism Board.(NUH/KUMPARAN)

LEAVE A REPLY